Warung Bang Jo di Kartosuro

Tiap kali mudik ke Solo, jarang ada hari nganggur. Semua sodara ribut minta didatengin, jadi harus pinter2 bagi waktu. Bisa aja dalam sehari, 3 kota dikunjungi. Kayak pas habis si adek wisuda September 2005, hampir seluruh Jawa Tengah dikunjungi hanya dalam jangka waktu 5 hari.
Nah, waktu itu, gue sama adek balik dari Jogja, rencananya mo langsung Solo karna kemaren2nya dah kecapean banget. Baru mo naek bis, ada sodara lagi yang nelpon, nyuruh kita ke rumahnya di Salatiga. Setelah berembuk dan tanya2 rute bis, oke deh, kita turun Kartosuro aja, trus (kata orang2) nyebrang untuk ambil bis jurusan Semarang.
Pas naek bis dah wanti2 ngomong sama kondektur, kita minta diturunin di Kartosuro, mo ngambil bis lagi jurusan Semarang. Kondekturnya ngomong pake bhs Jawa cepeeeeeeet banget, gue cuman bisa denger “mudun Bang Jo wae mbak, trus nyabrang” (turun di Bang Jo aja mbak trus nyebrang).
Oke deeeh, aman. Tinggal nunggu turun, meskipun agak bertanya2 juga Bang Jo itu jualan apaan, maklum pada laper blom makan.
Nyampe kartosuro, kita dah mulai siap2, nunggu kondekturnya ngasih aba2. Trus turun dari bis, nengok kanan kiri….tapi ga nemu satu warungpun yang tulisannya Bang Jo. Ya sutralah, masuk aja ke warung terdekat. Mungkin si kondekturnya ga tau kalo Bang Jo dah ga jualan. Naiklah kita ke bis menuju Salatiga, sampe dengan selamat pas maghrib. Trus langsung cerita pengalaman hari itu sama Bulik dan Om.

Eh ternyata sodara2, setelah diketawain sampe puas sama Bulik, gue baru ngerti Bang Jo itu apaan. Penjelasannya? Gini.

Merah bahasa Jawanya apa?
     abang
Ijo bahasa Jawanya apa?
     ijo
Nah skrg traffic light itu warnanya apa aja?
     merah, kuning, ijo

Jadi ni ya, bahasa gaulnya Jawa untuk traffic light adalah BangJo, singkatan dari AbangIjo!
Huh.
Dasar Jawa palsu.

11 thoughts on “Warung Bang Jo di Kartosuro

  1. tapi, kalo gitu tetep aja lampu kuning disisihkan dari temen-temennya. kasian kan? sama kayak burung kutilang yang bingung mao menclok di pohon cemara atau cempaka…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s