Hari Gini Mo Jadi PNS?

Gak, gue bukan mo ngejudge orang yang memilih untuk jadi PNS. Secara gue hidup di sekeliling PNS, dan insya Allah juga bakalan hidup dari nafkah seorang PNS di masa2 datang, amien…

Dan gue beberapa bulan belakangan ini juga sibuk daftar PNS kesana kemari. Yah, sekedar menyenangkan orangtua yang kepengen anaknya kerja kantoran, ga cuman jadi freelancer mulu.

Cuman penasaran aja sama beberapa syarat yang diajukan oleh beberapa Departemen untuk kelengkapan administrasi. Syarat-syarat yang menurut gue ga penting banget, dan hanya akan menghambat seleksi.

Contoh: Departemen Pekerjaan Umum dan Departemen Agama.

Bahas PU dulu deh ya. Salah satu syaratnya adalah menyertakan ijazah Institutional TOEFL dengan skor minimal 450 yang DIKELUARKAN oleh Lembaga Bahasa LIA. Soal skor oke lah, masih masuk akal dan terjangkau, walaupun oleh otak gue yang udah karatan ga pernah kepake.
Tapi IJAZAH INSTITUTIONAL TOEFL yang dikeluarkan oleh LIA???? Emangnya LIA bisa setiap saat ngadain TOEFL? Dan emangnya LIA mengeluarkan ijazah institutional? Bukankah LIA hanya penyelenggara, dan ijazah itu tetep dari Lembaga lain? Tolong koreksi kalo gue salah, tapi syarat ini amat sangat silly.

Kedua, Departemen Agama. Mereka menerima di berbagai Lingkup Kerja, misalnya Sekjen dan Kanwil. Tapi salah satu persyaratannya adalah harus berKTP Jakarta. Ah, gue jadi pengen tau syarat perekrutan DEPAG di daerah lain.

Dan bisa ketebak, dari sekian banyak Departemen yang gue apply, cuman 2 Departemen itu yang ga lolos seleksi administrasi.

jadi, ada yang kenal Camat Kemayoran biar gue bisa dapet KTP Jakarta?

12 thoughts on “Hari Gini Mo Jadi PNS?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s