Tentang segala macem ujian masuk universitas itu…

Jaman gue masuk kuliah dulu (ga usah nanya taun berapa!) cuman ada 2 macem jalan masuk universitas. Yang pertama lewat UMPTN, satunya lagi PMDK. Tentu saja dulu gue masuknya lewat UMPTN, secara waktu SMA kebanyakan maen jadi syarat raport bagus untuk keterima PMDK ga mungkin dilakoni.

Tapi sejak tahun 2002-an -kalo ga salah inget-, sejumlah universitas negeri mulai membuka jalur khusus kemitraan untuk mahasiswa mampu. Sebelum2nya gue ga pernah ribet, dan ga pernah mau tau tentang jalur khusus itu yang konon kabarnya mo masuk aja mesti siap dana 50an juta, secara adek2 gue juga masuk kuliahnya ga lewat jalur tersebut.
Tapi tahun ini, gue punya sodara sepupu yang mo masuk universitas. Dan dia berminat masuk ke UGM, lewat UM UGM, khususnya jalur PBS. Klik sendiri deh di situ kalo mo liat daftar sumbangan pendidikannya.

Dari awal, gue liat ni anak kok kayak ga niat ya, nyanteeee banget belajarnya. Kayak ga niat mo ujian. Pas gue tanya, jawabnya “ah tes-nya juga cuman Tes Bakat Skolastik kok mbak, nyante aja kali”.

Dan gue terperangah. HANYA TBS? Apakabar dengan matematika, bahasa inggris, fisika, dsb yang dipelajarin bertahun2? Penentuan masuk universitas yang (katanya) bergengsi hanya lewat TBS?

Ah, iya. Mungkin segala macem tes itu bisa tergantikan dengan SPMA yang mencapai 40 juta rupiah.

Hari Senen kemaren udah ada pengumuman UM UGM yang lewat PBS itu.
Hasilnya? Adek sepupu gue lulus. Well, gue ga tau harus bangga ato sedih :p

20 thoughts on “Tentang segala macem ujian masuk universitas itu…

  1. dan sekarang ada umptn lagi loh..hahaha jaman gue banget namanya, walopun agak berbeda. Sekarang penyelenggara ujian masuk ptn di negara endonesah ini jadi 2, umptn yg dipegang Unair and the gank sama SPMB yg dikelola UI, UNJ and the gink (“gink”, karena yg gabung lebih sedikit dari UMPTN yg mencapai 41 PTN).
    dan buat adek2 yg bingung gag bisa bayar jalur khusus masuk PTN, tambah bingung lagi deh ama 2 pilihan ini…hayooo, mo pilih mana????

Leave a Reply

