Jadi gue ga boleh percaya dokter lain ni

……selain dr. Mahmud Ghaznawie, phd dan dr. Hatmoko?

oke, gue pengen share lewat MP ini, biar yang baca ga pada langsung percaya sama dokter yang pasiennya bejibun dan harganya selangit.

Gue kan dah lama tuh ngerasa nyeri di bagian kanan belakang. Nyeri itu cuman kerasa kalo gue duduk dalam waktu yang lama, misalnya nyetir jarak jauh, ngetik berjam-jam, ato perjalanan pesawat, kereta, bis, dsb dst. Trus, gue inisiatif konsultasi secara online ke cakmoki, salah satu dokter baik hati yang selalu bersedia menjawab konsultasi di blog beliau. Jawaban beliau waktu itu adalah gue menderita myalgia, semacam kelelahan otot, dan bisa disembuhkan dengan obat biasa.

Ketika akhirnya rasa sakit itu makin kerasa, gue inisiatif konsultasi ke dr. Handojo, di Klinik El Rapha, jl. Radar Auri Cimanggis Depok. Buset deh ni dokter, pasiennya buanyaaaaaak banget. Gue nunggu 2 jam sebelom akhirnya dipanggil ke ruang periksa. Kesan pertama, dokternya baik banget. Dengan telaten beliau bertanya2 tentang aktivitas gue sehari-hari, trus nanya sakitnya dimana, dan nyuruh gue tes hematologi dan urine rutin. Oke, tes-lah gue dengan sedikit was-was. Lha sakit otot kok disuruh tes darah+urine segala. Ketika hasilnya keluar, (nilai UREUM 48, Creatinin 0,7), kata si dokter gue kena infeksi ginjal. JEDER. Ginjal bo’. Serem aja bayanginnya. Trus gue disaranin tiap hari minum air putih minimal 3 liter, dan dikasih resep obat yang mahal banget.

Sabtu dini hari kemaren kan gue nyampe Makassar lagi. Ga mau terulang kejadian buruk pas usus buntu dulu, gue pengen cari third opinion dari dr. Mahmud Ghaznawie, Phd, dokter yang tau riwayat gue sejak jaman dulu. Beliau heran dengan analisa dr. Handojo. Nilai Ureum yang tinggi bukan berarti infeksi ginjal, tapi kegagalan fungsi ginjal. Itupun sebenarnya nilai Ureum gue ga tinggi kalo menurut Om Mahmud. Intinya, beliau juga meragukan keakuratan lab klinik tersebut.Dan, gue disuruh tes lagi ke Prodia.
Hasilnya?
Nilai Ureum gue hanya 8.1 dari nilai normal 6-20 mg/dL.
Om Mahmud mendukung analisa dr. Hatmoko bahwa gue hanya menderita Myalgia.

Dan itu berarti ginjal gue sehat walafiat.
Dan itu berarti hasil lab El Rapha itu ga beres.
Dan itu berarti gue harusnya cuman boleh percaya sama dr. Mahmud Ghaznawi dan dr. hatmoko saja.
Tidak dengan dokter lain.

terimakasih dan hormat saya untuk om Mahmud dan Pakde Hatmoko. Hanya Allah yang bisa membalas kebaikan Anda semua🙂

11 thoughts on “Jadi gue ga boleh percaya dokter lain ni

  1. well, karena gue (dan elo) sama2 bukan orang kedokteran dan buta urusan medis, menurut gue, all you can do is cari keterangan sebanyak-banyaknya sebelum akhirnya memilih siapa yang dipercayai
    *saran serius*

  2. yeps…
    bagus kalo ada yang bisa dipercayai, gw sakit dah sebulan belum sembuh2, sampe sekarang masih nyari2 dokter yang beneran bisa dipercaya nih.
    tiap ke dokter analisan sana sini, kasih obat ini dan itu..hasilnya, malah sakit gw besok pindah tempat.
    siyal!

    *bahkan dokter Alm. Mantan Presiden Suharto yg notabene suaminya salah satu dosen JIP gak ngaruh juga, padahal mahal!*

Leave a Reply

