UPDATED: kenalin, sayah polisi plagiarisme

update : gue dapet email dari Iqbal Arief Ismail, syndication Detikcom.

Dear Miss Zombies

Terima kasih atas email yang dkirimkan kepada kami untuk pemakaian beriat
detikcom di harian Fajar. Kita akan segera tindak lanjuti email anda dan
kami tunggu info dari anda selanjutnya.

Terima kasih

Iqbal Arief Ismail
Syndication Detikcom
Aldevco Octagon Building Lt.2
Jl. Warung Buncit Raya No. 75
Jakarta Selatan 12740
Telp : 021-7941177 ext 570
Fax  : 021-7941175
Mobile : 0815-84627720
email : iqbal.ismail@staff.detik.com

boo, dia manggil gue miss zombies =))

Di rumah, bokap langganan dua harian pagi. KOMPAS dan Fajar, harian lokal Makassar. Dulu sih cuman KOMPAS, tapi lama-lama beliau ngerasa butuh tau juga tentang berita seputar Sul-Sel, jadi bertambahlah koran langganan (yang berarti bertambah pula tumpukan koran di gudang)

Jujur aja, gue sih jarang banget baca Fajar. Sorry to say, ga ada isinya tu koran. Sangat sukuisme, menurut gue. Yah mungkin karna dia emang koran lokal ya.

Tapi yang paling ganggu adalah, beritanya itu plekeplek banget dari detik.com. Tadinya gue masih ga peduli, walopun kesalahan ketik yang dilakukan detik edisi sore juga berulang muncul di Fajar keesokan paginya. Cuman lama-lama empet juga ya, kok kayak ga bisa nyari berita laen aja.

Nah, sekarang si Fajar ini udah makin kreatif. Wartawannya ga sekedar plekeplek sampe ke titik koma, tapi juga bisa menggabungkan dua artikel detik menjadi satu artikel di koran mereka. Contoh paling nyata adalah Fajar edisi hari ini. Edisi onlinenya bisa dilihat di sini.
Itu adalah penggabungan dari berita detikhot yang ini dan ini

Gue ga tau, apakah detik dan Fajar itu masih satu grup jadi wartawannya bebas-bebas aja nyalinnya?
Kalo ga satu grup, kenapa wartawan Fajar ga pernah menyebutkan sumber ketika menayangkan artikel detik di koran mereka?

8 thoughts on “UPDATED: kenalin, sayah polisi plagiarisme

  1. Asli, fajar memang sama sekali tidak bermutu, webnya apalagi, bukan menghina bos, ini pelajaran buat webmasternya yang sok merasa webmaster paling jago di Makassar. Kasi tau tuh webmasternya kembalikan uang para pelanggan shell/hosting yang belum cukup pemakaian udah mati hostingnya. Aku malah curiga kalo itu hasil carding.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s