Mama

Seorang temen pernah komen ke gue:
“Lo kalo lagi marah bisa expresif gitu ngelampiasan di blog, tapi lo belom pernah sekalipun posting tentang anggota keluarga lo dengan penuh cinta”

Haha, kena gue. Agak susah nih kalo mo cerita tentang keluarga, tapi akan gue coba ya walopun mungkin alurnya acak adut.
Jadi, mengikuti permintaan temen yang suka baca blog ini tapi ga punya account MP, gue mo nulis biografi singkat tentang perempuan bermata coklat pujaan hati gue, Mama tercinta.





Mama, lahir di Solo 10 Desember 1951, anak pertama dari tiga bersodara. Tinggi 148 cm, berat 46 kg (saat ini). Dulu waktu masih gadis katanya beratnya cuman 32 kg. Pas hamil gue aja cuman 40 kg. Ketemu Papa waktu sama-sama sekolah di SMA 3 Solo, pacaran selama 9 tahun sebelum akhirnya menikah taun 1979.


Kemaren pas lagi beres-beres rumah, gue nemu raport Mama jaman SMP kelas 1. Buset, isinya merah semua, dan bisa ditebak Mama ga naek kelas waktu itu. Tapi itu jadi cambuk buat beliau, setelah harus ngulang setaun, nilainya ga ada yang jeblok. Malah pas lulus SMA keterima di 3 Universitas sekaligus, Undip, IPB, dan UGM. Karena pertimbangan jarak, almarhum Eyang gue menyarankan Mama untuk ngambil yang di UGM aja. Jadilah Mama masuk ke Jurusan Teknologi Hasil Pertanian UGM.
Taun 79 Mama nikah, dan beberapa taun kemudian diboyong ke Makassar. Jaman itu, Makassar masih blom jadi idaman tempat ngrantau, tapi Mama rela ninggalin kota kelahirannya dengan tekad kuat, niat tulus ngikutin suaminya. Sampe Makassar cuman nganggur 2 minggu, langsung keterima jadi CPNS di salah satu Departemen, juga ngerangkap jadi Dosen honorer di Unhas.

Harus gue akuin, Mama agak keras mendidik anak-anaknya. Kelas 1 SD gue pulang sekolah sendiri, padahal jarak rumah dengan sekolah adalah 10 KM. Udah pernah cerita tentang mandirinya gue dan adek2 di sini.

Mama juga sangat disiplin waktu. Jaman gue kelas 3 SD kan sempet ditinggal Papa buat sekolah lagi selama 5 tahun, dan Mama berperan jadi orangtua tunggal. Bangun pagi jam 5, jam 6 udah harus berangkat dari rumah. Jam 6 kurang 5 Mama udah siap di mobil, kalo ada yang telat langsung ditinggal, naek angkot sendiri ke sekolah. Makanya sampe sekarang gue suka meradang kalo janjian sama orang lain tapi datengnya pada ngaret.
foto: mama lagi beli jeruk


Mungkin karna sibuk (dan gue-nya juga cuek), Mama ga deket sama temen-temen gue. Temen-temen gue pun segan sama Mama. Yah, tampangnya Mama emang jutek (nurun ke gue), jadi keliatan judes padahal sebenernya kalo udah kenal ya asik2 aja kok. Pernah suatu saat Mama lagi naik angkot, trus se-angkot sama temen gue. Temen gue ini senyum, tapi Mama ga bales. Trus dia sms gue, marah2 karna senyumnya dianggurin. Saat itu juga gue nelpon Mama suruh senyumin temen gue itu, dan Mama menjawab:
“Lha wong Mama ga kenal kok disenyumin, harusnya dia perkenalan diri dulu dong”.
Padahal udah gue jelasin kalo itu temen gue.
foto: di darling harbour.

Ketika skripsi gue bermasalah sampe berlarut-larut, Mama yang selalu nyemangatin.
“Ayo, kamu kan gampang udah pake komputer, jaman Mama dulu susah, ngetiknya manual pake mesin tik”
Ketika gue bermasalah dengan mantan pacar, Mama cuman ngelus kepala gue, tanpa berkata apa-apa.
Ketika gue (akhirnya) dinyatakan lulus, malemnya Mama langsung bikin nasi kuning dan besoknya seluruh jarinya langsung ikutan berwarna kuning.

Ah, betapa banyak dosa gue terhadap beliau.
Dan betapa banyak keinginan Mama yang sampe sekarang belom bisa gue penuhin.

Udah ah, daripada gue kebanjiran air mata🙂

Love u Mama.


*dedicated to Ibu Suprapti*







12 thoughts on “Mama

  1. waaaaaaah sama donk ama gue,… gue juga sebenernya ngga mau dititipin anak2… tapi dikasih 2 … yang kalo lagi diem dan ngga banyak tingkah nyenengin… cuma kalo lagi banyak tingkah…. minta dijual aja kali

Leave a Reply

