Pemalakan oleh Pegawai Merpati Nusantara Airlines


Kejadian ini masih fresh banget, baru terjadi sejam sebelum saya nulis blog ini.

Kronologis: Mama mau balik ke Makassar, naik Merpati Jakarta-Ujungpandang jam 21.30 WIB.
Mama ke bandara dianter sama Mas WW dan Dimas, adek bontot saya. Berangkat dari rumah jam 18.30 karna takut macet, nyampe bandara masih jam 19 lebih dikit. Mas WW yang masuk, cek-in buat Mama karna kasian liat bawaan Mama. Ngasih identitas dan tiket ke petugas check-in, ngasih barang bagasi, dan nunggu boarding pass keluar.
Tiba-tiba terjadilah percakapan ini:

Petugas Merpati (PM): “Pak, ini overweight 4 kg ya”
Mas WW: (kaget karna yakin mama gak overweight) “Haah? Mana coba barangnya timbang lagi, saya mau liat timbangannya”
PM: (kasak kusuk sama temennya trus balik ke meja check in) “Ini barangnya udah masuk ke bagasi pak, tapi ya sudah gapapa pak, nanti biar saya bantu”

Mas WW yang ngerasa udah gak ada masalah lagi trus keluar, nemuin mama, ngobrol sambil ceritain kejadian barusan, trus nungguin mama masuk ke ruang tunggu.

Pas mama udah nyampe ruang tunggu, nelpon lagi ke Mas WW. Ternyata masalah bagasi itu masih berlanjut. Jadi, mama dicegat sama petugas lagi.

PM:  “Bu, ini ada masalah overweight ya, tolong diselesaikan dulu bu”
Mama: “Saya tidak yakin kalo saya overweight, kalo emang bener overweight saya pasti bayar”
PM: “Silakan kalo begitu Ibu ke depan, biar petugas di depan yang bantu”
Mama: “Tadi mantu saya juga udah minta dilihatin timbangannya di depan, mas. Tapi katanya barang udah masuk bagasi pesawat, trus saya pegang bukti apa kalo bagasi saya ini kelebihan 4 kg? Sekarang solusinya gimana?
PM (mereka bertiga, salah satu dari mereka trus ngomong): “Wah bu, ini pesawatnya kan emang udah siap, emang udah gak bisa bu. Gini aja, sekarang ibu bayar 100ribu aja, daripada Ibu turun lagi ke bawah, Ibu pasti dimintain 120 ribu”
Mama: “Lha? Saya ini cuman pegang 50ribu mas, masih ada duit sedikit tapi ini untuk ongkos taksi saya dari bandara ke rumah”
PM: “Gak bisa ditambah jadi 80 ribu bu?”
Mama: *speechless*

Kisah ini berakhir dengan Mama nyerahin duit 50ribu ke sang petugas karna boarding pass dan KTP Mama ditahan kalo gak ngasih duit.

Mama, juga Mas WW yakin kalo barang2 Mama itu gak sampe overweight. Dan kalopun emang overweight Mama saya pasti gak akan ragu2 bayar kelebihan beban itu. Tapi kenapa saat check in dan minta nimbang ulang itu petugasnya malah alesan kalo barang udah naik ke bagasi dan berjanji bakalan membantu, tapi kemudian di ruang tunggu KTP dan boarding pass Mama malah ditahan dan terjadi tawar-tawaran kayak cerita di atas?

Ah Merpati. Ternyata kisah jelekmu bukan cuman kisah ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s