Roseola Infantum

Setelah punya anak saya kok jadi akrab sama nama2 aneh kayak gini ya? Hehehe.
Jumat kemaren Nala demam, seuhunya sampe 38.6. Tadinya kami cuman siaga aja di rumah, gak dibawa ke dokter. Tapi ketika suhunya 38.9, panik mulai menguasai keadaan, dibawalah Nala ke dokter hari Sabtu sore. Kali ini nyoba DSA baru lagi. Kali aja cocok.
DSA-nya meriksa dengan agak terburu-buru. CUman nanyain suhu terakhir berapa tapi dia gak ngukur sendiri, ngitung detak, periksa pake steteskop, trus nulis resep. Di sela-sela nulis resep beliau bilang: “kita observasi dulu ya 3 hari ini, kemungkinan besar sih karena virus.Ini saya kasih pengantar lab, kalo dalam 3 hari demamnya gak turun langsung cek darah ya”
Saya udah seneng aja, berarti Nala harusnya gak diresepin apa-apa dong ya. Eh lha, pas resepnya dikasih, ternyata Nala dikasih Novalgin, Amoxan, dan Stesolid (obat anti kejang). Novalgin itu sampe saat ini gak diminumkan ke Nala. Amoxan sih boro2, ditebus aja nggak. Stesolid juga gak ditebus.
Sampe hari ke-3 demam Nala masih naik turun. Hari Senin pun masih 38.3. Senin siang saya ke Prodia ngecek darah, ternyata leukosit Nala agak rendah, hanya 5.1 dari angka normal 6-17. Makin yakin lah saya kalo ini cuman virus biasa, apalagi trombositnya juga bagus. Kita gak balik lagi ke dokter itu, cuman nyari referensi dari internet aja.

hari Selasa, badannya mulai timbul ruam-ruam merah. Hehehe, benar dugaan saya dan suami, Nala kena roseola. Untungnya si amoxan gak ditebus. Antibiotik mana bisa buat ngobatin virus. Sampe hari ini si ruam-ruam sudah muncul sampe ke puggung. Anaknya sih ceria-ceria aja, ketawa dan maen kayak biasa.

Lagi-lagi, orangtua mesti lebih hati-hati dalam menebus resep obat untuk anak. Kalo anak demam, kita tunggu aja sampe 3 hari, baru dibawa ke dokter. Cukup kasih penurun panas sejenis paracetamol atau asetaminofen. Kecuali kalo anaknya udah bener2 lemes gak mau makan, gak mau nyusu, lesu, baru waspada, bawa ke dokter. Kasian anak-anak yang cuman kena virus tapi diresepin antibiotik…

Eh ini kok judul gak nyambung sama isi ya? Yo wis pada tanya mbah google aja deh roseola infantum itu apaan :p
 

2 thoughts on “Roseola Infantum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s