menyusui dan menyapih dengan cinta

menyusui itu sakit…awalnya. Ibu dan anak kan masih sama sama belajar pelekatan yang bener. Tapi kalo udah nemu posisi yang bener, menyusui itu candu. Sebut saya melankolis, tapi momen menyusui sambil tatapan sama anak dan jari kita dipegangin anak itu adalah salah satu momen terindah lho. Yah sepaket lah sama momen menyakitkan kalo anak lagi numbuh gigi dan kita dijadiin teethernya😀.

Nala sekarang 26 bulan. Tepat di 25 bulannya dia November kemaren, Nala mulai disapih. Soundingnya sih udah lamaaaaaa banget. Tapi mungkin karna emak dan anaknya sama-sama belom siap jadi barulah momen menyapih ini kejadian bulan kemaren. Dan ternyata sesakit-sakitnya awal-awal menyusui, menyapih ini jauh lebih sakit. Semacam perasaan gak rela kehilangan momen indah menyusui. Masih pengen ngeliatin Nala nenen sampe kekenyangan dan akhirnya ketiduran. Tapi udah waktunya Nala disapih. Jadi, siap gak siap, ya harus siap.

Dan ternyata momen menyapih ini gak se-dramatis yang saya bayangkan. Nala sepertinya sudah sangat siap untuk disapih. Mungkin mantra: “anak gede udah gak nenen, minumnya susu kotak, yang nenen itu adek bayi keciiiiiiil”  dan “Tombliboos gak nenen, Oopsy Daisy gak nenen, Iggle Piggle gak nenen, Nala juga udah gak nenen ya?” yang diulang 8 kali sehari itu membekas banget di otaknya. Jadi ketika malem-malem kebangun buat nenen dan disodorin susu UHT pun dia gak nangis-nangis. Minum susu, trus udah tidur lagi. Yaaaaaaaaaaaaay! Anakku udah gede beneraaaan!

Lunas kewajiban saya memberikan hak Nala untuk menyusu selama 2 tahun. Tanpa susu formula. Menghadapi mitos dengan tutup telinga. Dan menyusui dengan keras kepala. Juga mencari informasi dari mana saja. Tidak lupa mengedukasi diri, suami, dan orangtua. Karena menurut saya inilah kunci sukses menyusui. Jangan langsung percaya kalo ada yang bilang bahwa ASI kita gak cukup atau gak keluar. Kalopun butuh bantuan, hubungi AIMI ASI. Cabang mereka tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia.

Karena menyusui dan menyapih dengan cinta itu indaaaaah sekali rasanya. Bener deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s