Sa To The Bar

Saya resmi jadi Ibu baru 2.5 tahunan ini. Kalo ditanya hal apa yang paling berat dipelajari selama jadi ibu, jawaban saya cuman satu: SABAR. Belajar menyusui, ganti popok, bikin MPASI homemade itu mah gampil. Tapi belajar sabar ini susah. Temen-temen dan keluarga  saya tau kalo saya ini paling gak sabaran, cepet kepancing emosi, dan kalo ngomong ya nadanya tinggi. Maklum, walopun emak bapak Solo yang kromonya inggil banget, tapi saya lahir dan besar di Makassar. Jadi, ya gitu deh.

Pelajaran sabar setelah punya anak adalah waktu Nala pertama kali growth spurt, saya lupa persisnya dia umur berapa bulan, kalo gak salah sih pas 1.5 bulanan. Itu yang namanya ngempeng emaknya, bener-bener sampe bikin pegel seluruh badan dan hati. Pernah saking capeknya karna Nala nempel terus, saya nangis sambil bentak Nala: “Mau kamu apa sih nenen mulu gini? Ibu juga mau istirahat maaaaaas!”. Waktu itu emang ada sedikit campuran baby blues juga sih.  Saya bakal posting tentang baby blues ini di postingan laen.

Habis ngebentak, saya akhirnya nangis sendirian malem-malem. Suami udah tidur, gak tega juga mo bangunin karna waktu itu dia juga lagi capek-capeknya beresin thesis. Nyesel, kok ya bego banget sih gak bisa nahan sabar padahal pas hamil udah mengedukasi diri tentang segala hal yang mungkin terjadi saat menyusui. Lagian ngapain sebel kalo anak nempel mulu, daripada dia nempel sama orang laen bukannya mending sama emaknya sendiri ya?

Sampe saat ini sih saya belom lulus soal sabar-sabaran ini. Masih sering kebablasan bentak Nala kalo dia lagi “kreatif” banget bongkar-bongkar macem-macem atau melakukan kegiatan yang membahayakan dirinya sendiri. Kadang-kadang kalo udah kesel banget-banget saya diem trus masuk kamar, ngadem dulu. Biasanya sih si bocah ngekor trus manggil-manggil: “mamaaa….mamaaaaa…ciniiiiiii”. Ngeliat mukanya aja langsung luluh, nyesel barusan habis marah padahal Nala kan emang lagi tahapnya eksplorasi ya. Apalagi kalo liat dia lagi bobo kayak sekarang.

duh….maap ya nak, emakmu ini masih basic banget level sabarnya😦

 

 

Leave a Reply

