Tipi lokal? Serius lo?

Ramadhan kemaren, saya jarang banget nyalain tipi saat sahur. Males, ngantuk lagian jam sahur itu, udah gak ada niatan nonton.
Sampe pas sahur hari ke-25, saya sahur sendiri karena mas WW udah sahur duluan jam 3. Selese makan saya nyalain tipi biar gak ngantuk nunggu subuh. Dan remote tipi berenti di stasiun lokal, sebut saja namanya Transmigrasi Tipi. Kaget saya liat ada yang jogetjoget, trus habis itu ada yang lemparlemparan tepung, ada lagi yang ngebully sesama pengisi acara, dan presenter yang harusnya laki tapi bajunya kok kayak baju tantetante simpang blok M.

Serius ini acara sahur kayak gini?
Kok ya maumaunya orangorang itu pada dateng ke stasiun tipi dinihari, saat ramadhan, HANYA untuk ngeliat secara live orang pada ngebully dan ngelawak gak lucu? Kok ya orangtuanya ngijinin (dan malah ikut) anaknya nonton acara sampah kayak gitu? Kok ya tegateganya produser acara itu mementingkan rating daripada efek acaranya di kemudian hari?

Setelah ramadhan pun, saya baru tau kalo jejogedan itu jadi ngehits dimanamana. Pihak tipi pun tau banget, makanya mereka bikin sekuel acara ini. Dengan format yang kayaknya sama: ngelawak gak lucu, ngebully sana sini, dan jejogetan yang…yah gitu deh.

Duh, gampang banget ya standar lucunya orang Indonesia.
Saya sih, bukan berarti gak nasionalis ya, mengharamkan tipi lokal untuk tontonan Nala. Kasian ntar kalo standar lucunya jadi kayak si mbak, eh si mas, eh… Olga itu mbak ato mas sih?
Dan tanpa bermaksud sok atau snob atau apalah, saya mau tanya sama para orangtua:

“Anak ditontonin tipi lokal? Serius loooo?”

Tertanda: emakemak pendukung gerakan boikot tipi nasional.

Leave a Reply

