Kisah Koper Yang Hilang

Bermula dari niat baik kami menghadiri pernikahan sodara dekat di Jogja sekaligus menengok ibu mertua saya yang udah 5 tahun kena stroke, kami memesan tiket Tiger Air rute Kualanamu-Jogjakarta via Singapore. Pasti ada yang mbatin kok repot amat mesti transit pake passport? Jawabannya adalah karena tiketnya lebih murah daripada flight lain yang via Jakarta, juga mengantisipasi kemungkinan kelamaan antri terbang seperti yang biasanya kejadian di Cengkareng. Biasalah emakemak tergoda harga murah ya.

Hari H, tanggal 12 Februari, jam 3.30 pagi kami udah berangkat dari Tanjungbalai. Flightnya jam 10.15. Jam 8 kami check in, bagasi masuk, trus sarapan. Habis sarapan, masuk ke ruang tunggu. Kemudian staff tiger yang tadi ada di counter check-in menghampiri kami, trus ngomong:
“ibu, maaf ternyata penerbangan ibu ke jogja ya, tadi saya lupa gak nempelin sticker CONNECTING di bagasi ibu, tapi ini lagi diusahain sama temen saya, mau ditempelin stickernya”. Oke, kami mengiyakan trus duduk lagi.
Pas boarding, si mbak petugas nyamperin lagi trus bilang, “ibu ini stickernya udah berhasil ditempel, tapi untuk memastikan mohon ibu menanyakan lagi ke petugas Tiger Singapore saat transit”.

So off we went to singapore.
Saat transit, saya ke bagian transfer pesawat. Petugas di situ bilang, pilihannya saya bisa check in di situ dengan membayar S$20/orang, tapi dia lebih menyarankan kami untuk turun ke bagian bagasi, menunggu bagasi kami di conveyor belt dan kemudian check in lagi di counter check in di departure terminal.
Oke. Kita turutin. Turunlah kami melewati imigrasi, dan nungguin bagasi sampe gak ada barang lagi yang keluar. Setelah memastikan kalo koper kami gak ada, kami ke counter Tiger di deket conveyor belt situ. Kata mereka ya kalo flightnya connecting gak usah kuatir, koper itu pasti akan nyampe ke tujuan akhir. Okeee, agak lega.
Trus masuklah kami ke check in counter. Di situ sekali lagi kami menanyakan ke petugas, dan mereka kembali memastikan bahwa bagasi itu akan terbang bersama kami ke Jogja. Okesip. Yuk nala, pulang kita ke rumah mbah kung.
Sampe Jogja, jreeeeeng. Bagasi terakhir keluar dan gak ada koper+ransel gede kami di sana. Ada 1 orang penumpang laen yang kejadiannya juga sama dengan kami, terbangnya juga bareng dari Kualanamu.
Panik melanda. Semua baju dan kebaya kondangan ada di situ. Sama petugas kami dibawa ke ruangan lost and found. Di ruangan itu lagi ada ransel item hasil penerbangan kemarennya yang juga ketinggalan dan rutenya sama persis, KNO-SIN-JOG. Menurut petugas jogja sih kejadian kayak gini udah sering banget. Kebanyakan kesalahan dari petugas Kualanamu. Duh.

Solusi sementara adalah kami pulang dan menunggu kabar selanjutnya, semoga luggage kami bisa diangkut di penerbangan tiger besok sore.
Pulanglah kami sambil mampir ke toko baju deket Prambanan, beli baju beberapa helai untuk saya dan nala.

Besoknya, (13/2) Mas Wahyu mengirim email ke pihak lost and foundnya tiger singapore dan dapet balasan ini.

Wah mulai semangat lagi. Semoga ini beneran. Sorenya, nelpon ke airport Jogja katanya pesawat Tiger udah mendarat tapi petugasnya masih sibuk jadi belom tau kepastian bagasi kami. Disarankan nelpon lagi 30 menit kemudian. Sayangnya Mas Wahyu kelupaan, dia baru nelpon sejam kemudian dan sepertinya orangorang itu udah pada pulang.

Hari ini (14/2) pagipagi kami nelpon lagi ke Jogja. Katanya cuman ada ransel kami yang kebawa di flight kemaren, kopernya gak ada. Pas banget pula kan hari ini hujan debu gunung kelud, jadi flight dari dan ke jogja semuanya dibatalkan. Gak ada harapan koper kami bisa nyampe hari ini. Entah besok. Entah lusa. Entah bulan depan.
Oh iya, kemaren juga sempet nelpon ke call centernya Tiger Jakarta, trus disuruh nelpon ke bagian Lost and Found, tapi ditelponin gak diangkat. Telponnya udah digantung kali karena kebanyakan complain bagasi ya.
Udah email juga ke Lost and Found Singapore, tapi gak ada balesan sampe sekarang.

Moral of the story:
1. Jangan naik Tiger lagi deh. Gak usah tergoda dengan tiket murah yang sebenernya gak seberapa juga.
2. Setiap kali terbang dengan connecting flight, pastikan petugas check in menempel sticker CONNECTING di bagasi Anda.
3. Sekian dan terima voucher Centro atau Matahari.