Bukan Anti Antibiotik, Tapi….

…..
hanya berusaha rasional walaupun sebenernya udah panik.

Eh disclaimer dulu. Posting ini TIDAK bermaksud menyudutkan dokter ataupun merendahkan kerja keras beliaubeliau yang sudah bersekolah bertahun-tahun untuk mendapatkan gelar dokter. Saya hanya bermaksud berbagi pengalaman pada para orangtua agar gak panik dan buru-buru menebus antibiotik kalo anaknya demam.
Referensi tentang demam bisa lihat di archieve Milis Sehat di sini

Jadi Nala demam sejak hari Senin 24 Februari 2014. Langsung tinggi banget, 39.8 Celcius. Diminumin Tempra sih turun dan tetep ceria. Nafsu makannya agak berkurang, udah mulai batuk dan meler. Hari pertama demam ini Nala 2x minum Tempra.

Hari kedua, Selasa 25 Februari. Masih demam di kisaran 38-39.6, agak lemes tapi kalo habis minum Tempra suhunya turun dan ceria lagi. Batuk dan pilek sampe harus berkali-kali buang ingus. Mulai diare ringan, sehari 2x mencret. Masih mau makan walau cuman dikit.

Hari ketiga, Rabu 26 Februari. Demamnya masih tetep, masih mencret, batuk makin parah, pilek juga makin meler. Mulai lemes, main sepeda di ruang tamu doang gak ke halaman. Papanya ngajak ke DSA soresore, tapi ternyata DSAnya lagi ke Singapore. Kata Nala,”pak dokten mungkin mo cayi kopen kakang ya,Ma?”.

Ya kali mas😀

Hari keempat masih sama, demam batuk pilek mencret. Tapi sore-sore minta ke Hypermart. Baiklah nak, mari kita refreshing sejenak ke Mall Tanjungbalai :p.
Pulangnya udah Maghrib, gak mau diboncengin di belakang, maunya dibonceng di depan Papanya. Naaah Kamis malem itu mulai rewel dia. Gak bisa tidur. Jam 11 bangun nangis, saya ukur suhunya 39.8 lagi. Saya sodorin air putih, dia gemeteran minum, katanya rasanya dingin banget. Telapak kaki dan tangannya dingin. Diminumin Tempra trua minta bobok di atas Mama. Nala kalo udah kerasa gak enak banget pasti gitu, minta bobo dengan posisi IMD di atas emaknya. Bobonya gak pules, bentarbentar bangun nangis, trus disodorin susu dan air putih. Jam 5 bangun, demamnya 38.9. Minumin Tempra lagi, emak bapaknya mulai kebat kebit. Jam 6 pagi itu Papanya muter Tanjungbalai nyari DSA laen yang buka. Nala dan emaknya di rumah, bobo.

Hari kelima demam, Jumat 28 Februari. Nala baru bangun jam 10 pagi. Masih demam. Ditawarin sarapan cuman mau 2 sendok. Gak papa, perbanyak cairan aja ya nak. Siang mau maem dikit. Trus bobo lagi. Masih mencret.

Sore ke DSA. Setelah ngobrolngobrol dan periksaperiksa, DSAnya bilang:

“Ibu, ini karena udah demam 5 hari, saya kasih antibiotik ya”

“Antibiotik ya dok? Antibiotiknya apa? Amox kah?”

“Bukan bu, ini saya kasih thiampenicol yang spektrumnya luas”

Nih resepnya dipotoin sama bapake.
image

Ditebuskah resep itu?

Tentu saja.

Diminumin kah?

Tentu tidak.

Resep itu saya tebus biar bapake Nala ayem. Sampe rumah ya tetep cuman saya minumin Tempra. Menurut saya sih Nala gak ada indikasi Tifoid (antibiotik Thiampenicol biasanya digunakan untuk demam tifoid). Keyakinan saya adalah Nala ini cuman kena infeksi virus aja, batuk dan diare itu  gak boleh dihentikan, hanya boleh digantikan cairan dan makanan biar gak dehidrasi.

Sabtu 1 Maret, Nala bangun pagi udah seger. Suhunya 37.2. Dimasakin mie ayam pake telor dan sawi ijo mau makan banyak. Siangnya pun makan lahap pake ayam kecap. Alhamdulillaah. Alhamdulillaaah.

Sekali lagi, saya gak anti sama antibiotik. Saya cuman gak mau anak saya kena antibiotik padahal cuman infeksi virus. Yang ada malah kumannya resisten ntar. Jadi gampang sakit karena kuman baiknya pun ikut mati. Terbukti sama anak tetangga saya, tiap panas batpil dikit ke dokter dan dikasih puyer dan antibiotik. Tiap bulan sakiiit mulu.
Ada juga tetangganya adek saya di Bogor yang kena HFMD ke dokter dapet oleholeh antibiotik. Atau ada juga yang kena cacar air dapet antibiotik.

Duh.

Leave a Reply

