(Mencoba) Hidup Sehat

Dulu, saya musuhan banget sama buah. Saya cuman suka 4 jenis buah: mangga arumanis hasil kebun mama saya, lengkeng, duren, pisang mas.
Selain itu? Nehi. Kalo sayur sih masih mending ya. Masih kemakan lah walopun juga pilihpilih banget.

Suatu saat, iseng saya klik join grup Food Combining di FB. Udah sering denger sih tentang FC ini via twitter. Meskipun gak follow twitternya Erikar tapi kadangkadang suka stalking timelinenya dia apalagi kalo dia lagi twitwar sama pendukung susu, hihihi.
Nah di group FBnya FC ini saya baca detail segala juklaknya, testimoni dari orangorang yang udah menerapkan FC, dan berbagai resep menu praktisnya.

Dan saya tertantang.

Juklak-nya FC ini benerbener memaksa orang untuk banyakan makan sayur dan buah. Lha wong sejak bangun tidur sampe jam 12 siang cuman boleh minum jeruk nipis peres dan makan buah je, trus untuk makan siang dan malem pun porsi sayuran harus banyak banget. No more susu, teh, dan berbagai minuman gak penting. Gak ada ceritanya karbo dicampur sama protein hewani. Mau makan nasi? Padanannya ya sayuran mentah+protein nabati. Mau makan ayam goreng? Ya jgn dicampur nasi. Pasangannya mesti sayuran mentah+protein nabati. 4 sehat 5 sempurna-nya udah gak kepake, kakaak.

Setelah bolakbalik baca, memantapkan hati, dan bismillahirrahmanirrahim, sejak sebulan setengah ini saya mulai menerapkan Food Combining.
Masih on-off banget awalawalnya. Kalo paginya disiplin makan buah, siangnya masih nyolongnyolong makan nasi pake ayam+sayur. Atau kalo makan siangnya udah bener, sarapannya pake nyomot telor dadarnya Nala secuil. Tapi kan the name is also effort ya kakaak, lamalama mulai disiplin. Sarapan full buah sampe jam 12, trus makan nasi (masih nasi putih,disini gak ada yg jualan beras coklat/merah) pake sayur mentah dengan dressing yg gantiganti. Kadangkadang pake bumbu pecel, gadogado, olive oil+thousand island, dan sambel tomat.
image

image

image

Kata Mas WW ke Nala: “bentar lagi Mama ngembek tu Mas, makannya sayuran mentah mulu”. Hihihi…

How’s life after Food Combining? Yah eikeh sih masih bayi banget ya FCnya, belom signifikan perbedaannya.
Yang paling ngaruh sih frekuensi pup. Sekarang jadi rajin tiap pagi ke belakang. Trus ngerasanya jadi gak gampang lemes. Trus kulit juga jadi halusan. Trus yang paling membahagiakan, entah ada hubungannya atau gak:
image

Garis dua di testpack setelah sebulan hidup sehat.

Alhamdulillah, mohon doanya yaaa *senyumlebarsampekuping*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s