Melahirkan dengan BPJS

Seperti yang udah saya ceritain di post sebelum ini, ngelahirin kemaren saya memanfaatkan fasilitas BPJS. Ya sebenernya udah sejak anak pertama sih, dulu namanya masih ASKES. Cuman beda nilainya signifikan banget. Anak kedua kemaren ini saya melahirkan sectio, nomboknya ‘hanya’ 710ribu rupiah. Padahal pas anak pertama, melahirkan normal aja masih nombok 8juta. Bedanya jauh banget ya. Coba kita liat bedanya dimana.

image

Klik gambarnya biar lebih jelas ya. Itu harga di RS swasta Bengkulu.

Di Jakarta dulu saya lahiran di RS Islam Cempaka Putih. Rumah sakit swasta tapi menerima layanan ASKES. Dapet jatahnya kelas 1. Biaya melahirkan normal 10 juta (tahun 2010), ASKES hanya menanggung 2 juta jadi pasien masih harus nambah 8 juta. Istri temennya Mas W lahiran sectio nomboknya 15 juta dari total biaya 20 juta.

Tahin 2011 saya kuret adeknya Nala di Makassar juga pake ASKES. Waktu itu upgrade kelas ke VIP, biayanya 6juta, saya masih nombok 3 juta.

Nah aturan BPJS sekarang beda. Kalo mau ngelahirin sesuai jatah kelasnya, semua biaya GRATIS, kecuali ada obat atau tindakan di luar yang ditanggung BPJS. Aturan berbeda diterapkan kalo pasien mau upgrade kelas. BPJS hanya mau menanggung 2.5 juta untuk lahiran normal, dan 5 juta untuk sectio. Jadi kalo ngelihat estimasi biaya untuk melahirkan normal di VIP, pasien yang upgrade masih harus nambah 7.5 juta atau untuk lahiran SC nambahnya 20 juta. Nah kasus saya kemaren masih nambah 710 ribu itu untuk imunisasi bayi dan obat analgetik paten yang tidak ditanggung BPJS.

Jadi bagusan mana, ASKES jaman dulu atau BPJS sekarang?

Bagusan BPJS sih kalo saya. Iyalah, lebih murah dan gampang pengurusannya.

Leave a Reply

